Artikel Terbaru

Friday, October 14, 2016

Catatan Politik Kang Mul Bulan Madu dan Trisula Maut Politik Partai Golkar

Politik itu dinamis,berubah-rubah sangat cair segala sesuatu bisa terjadi dalam sekejap ,yang dulu lawan jadi kawan atau sebaliknya yang dulu kawan menjadi lawan sudah menjadi bagian tak terpisahakan dalam politk karena kepentinganlah yang abadi.Pagi kedelai sore tempe menjadi menjadi hiasan para pelaku politik,
Dulu Partai Golkar dibawah kendali Abu Rizal Bakrie menjadi pendukung utama Prabowo Hatta dalam Pilpres 2014 Tapi dalam hitungan tahun Parta Golkar dibawah ketum Setya Novanto bertekuk lutut menjadi pendukung setia pemerintahan Jokowi-JK dan tak tanggung-tanggung diberinya dua pos menteri.pada Resuffle Kabinet Kerja Jilid II.
Periswitiwa 2004 didaur ulang pada tahun 2016 ,saat itu Partai Golkar dalam Pilpres 2004 mengusung Wiranto-Wahid kalah dari pasangan SBY -JK lalu Partai Golkar bergabung dengan pemerintahan sesudah sang Wapres Jusuf Kalla menjadi Ketua Umum Partai Golkar
Partai Golkar sangat cerdik dengan menaburkan salam terima kasih pada Jokowi,,tak cukup disitu dengan berani dan percaya diri mengambil start terdepan , menyalip PDIP dan parpol-parpol pendukung utamanya dalam barisan KIH ,dengan keputusan Rapimnas Rapimnas Golkar 2016 yang dibacakan Ketua DPP Patai Golkar Yorris Rewayai di Istora Senajyan Jakarta (28 Juli 2016) mendeklarasikan diri mencalonkan Presiden Jokowi sebagai Capres dalam Pilpres 2019.
Langkah berani Partai Golkar membuat kanal dukungan kepada Jokowi dapat dibaca dengan prespektif budaya politik Indonesia yang digambarkan Budi Winarno sebagai budaya politk yang bergerak di antara subject-participant culture dan parochial participant culture..
Sangat menarik memang dengan politik sporadis yang dikembangkan Partai Golkar sesudah sejak Munaslub Bali 2016 makin menaikkan pedal gasnya berlari kencang membangun kembali kekuatan sesudah tumbang dalam Pilpres 2014 dengan mengusung Prabowo-Hatta.kembali track doktrin kekaryaannya sebagai parpol pendukung pemerintah.
Angin surga dengan wewangian yang memabukkan telah ditebarkan diruangn-ruangan politik kekuasaan Presiden Jokowi,semerbak aromanya menambah daya dukung dan makin kuatnya pijakan kaki pria asal Solo dari sergapan-sergapan politik PDIP untuk tidak menekan dan memaksakan kehendaknya dalam menentukan kebijakannya
Partai beralambang beringin betul pintar mengolah konflik poltik menjadi komoditas isu-isu politk dengan mengambil peran seperti pohon beringin Penggambaran posisi pemimpin pemerintahan dalam budaya politik Mingkabau diibaratkan pohon beringin yaitu "daunnya tampek balindung,batangnnya tampek basanda,dahannya tampek bagantuang,ureknya tampek baselo" (daunnya tempat berlindung,batangnya tempat bersandar,dahannya termpat bergantung ,akarnya tempat bersila)
Tak ada yang baru dan Pilpres masih 3 tahun lagi,paling tidak memberi angin segar pada Presiden Jokowi dan Wapres Yusuf Kalla bahwa Partai Golkar siap berada dan bekerja menjadi pendukung kebijakan-kebijakan dan program-program pemerintah apalagi Presiden Jokowi telah mengakomodasi Partai Golkar dengan menempatkan kadernya Airlangga Hartato dan menjadi menteri dalam resufflle Kabinet Kerja jilid II.
Dalam bahasa sederhana Partai Golkar mengucapkan terima kasih atas keputusannya memilih 1 kadernya menjadi menteri dengan kemasan dukungan yang sangat menarik ,simpatik meskipun belum menjadi garansi karena keputusan Rapimnas bisa berubah lagi dalam kurun waktu tiga tahun mendatang paling tidak Partai Golkar membangun opini dimasyarakat bahwa Partai Golkar terutama para pendukung setia Jokowi seandainya PDIP tidak mencalonankaknnya pada Pilpres 2019,Partai Golkar telah siap menampung menjadi pengusungnya.
Bulan Madu Partai Golkar dengan pemerintahan Jokowi-JK tengah berlangsung indah,layaknya pengantin baru larut dalam kemesraaan dan kebahagiaan, Dua kubu terikat dalam satu notkah akta perkawinan politik antara satu dengan yang lainnya saling membutuhkan,simbiosos mutualistis.
Strategi politik yang dimainkan Partai Golkar dengan mengusung Jokowi jadi Capres 2019 semakin membuktikan bahwa senjata tombak kembar tiga atau politik Trisula tengah dipasang dengan senjata ditengah ditancapkan sedalam-dalamnya untuk eksistensi Partai Golkar sesudah Huru Hara Politik Internal,
Sedangkan dua tombak di kiri dan kanan menjadi tombak pendukung dan pemukul, Tombak kanan dimainkan dan digunakan menjadi pasokan dukungan politik yang kokoh dalam pemerintahan dan tombak kiri menjadi pemukul apabila kebijakan-kebijakan pemerintahan tidak menguntungkan maka bakal menjadi alat pemukul yang ampuh melumpuhkan Presiden Jokowi dalam paket kebijakan politk Partai Golkar.
Resuffle Kabinet Keraj Jokowi-JK Jilid II semakin memperlihatkan dominasi Partai Golkar dan partai pecahannya dengan konsolidasi semakin kuat mencengkeram pemerintahan Presiden Jokowi,seperti dipilihnya Wiranto menjadi Menkopolhukam,Luhut P Pandjaitan Menko Maritim,Enggartiato Lukito (Menteri Perdagangan.,Airlanggka Hartarto )Menteri Perindustrian) ditambah Wapres Yusuf Kalla yang merupakan kader dan eks Ketum Partai Golkar 2004-2009 dll.
Tombak Kembar Tiga telah dilepaskan Partai Golkar menancap dalam ruang-ruang politk pemerintahan Jokowi-JK, Masuknya Partai Golkar semakin memperkuat posisi Presiden Jokowi bebas memainkan bidak-bidak caturnya ,bebas dari tekanan PDIP bahkan seandanyai terjadi "conflict of interest" dengan PDIP ,Partai Golkar dapat dijadikan alat pembanding dan pemukul efektif dan mempertegas kemandirian dan daulat kekuasaannya.
Setya Novanto ,Ketum Partai Golkar memang licin setelah selamat dari kasus "Papa Minta Saham" sukses menjadi pengemudi Partai Golkar melakukan langkah-langkah berani melakukan memasang Jokowi pada Pilpres 2019 dan mengusung Ahok pada Pilkada 2017 dengan memasang Nusron Wahid menjadi ketua tim pemenangan adalah sebuah terobosan besar meraih simpati pemiilih loyalis Jokowi dan Ahok untuk persiapan Pileg dan Pilpres 2019.

Karangnangka 29 Juli 2016
Mulyono Harsosuwito Putra
Ketua Institut Studi Pedesaan dan Kawasan

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    ReplyDelete