Artikel Terbaru

Friday, October 14, 2016

Catatan Sepakbola Kang Mul Parade Pelatih Berkelas Liga Premier Inggris 2016-2017

Membayangkan Liga Premier Inggri musim mendatang serasa betapa serunya pertarungan di Liga tertua di dunia dengan kehadiran pemain dari berbagai negara yang bakal menghuni klub-klub Liga Premier Inggris
Tak hanya pemain ,pelatih baru bakal menjajal kerasnya sepak Inggris yang sangat berbeda dengan negara-negara Eropa seperti Jerman, Italia, Spanyol, Jerman karena setiap pekan setiap klub dua kali dengan empat event sekaligus,yaitu Liga Premier, Piala FA, Piala Carling,belum lagi klub yang menjadi peserta Liga Champions dan Liga Eropa.
Tak salah sepak bola Inggris sangat padat dan keras membutuhkan kebugaran pemain, rotasi dan kecerdikan pleatih agar dapat mengelola pemain dari kelelahan dan badai cedera yang akan menghambat keutuhan tim sepanjang tahun kompetisi.
Musim 2015-2016 belum beakhir deretan pelatih berkelas dari berbagai negara telah mewarnai Liga Premier,seperti Louis van Gaal,(MU/Belanda) Jose Mourinho(Chelsea/Portugal,dipecat),Guss Hidink (Chelsea/Belanda,pengganti Morinho ), Arsene Wenger (Arsenal/Perancis), Manuel Pellegrini,(Manchester City/Chili),Claudio Ranieri (Leicester City/Italia),Mauro Pochetino (Tottenham Hostspur/Argentina),Ronald Koeman (Southampton/Belanda).Jurgen Klopp(Liverpool/Jerman) ,Roberto Martinez (Aston Villa/Spanyol), Rafael Benitez (Newcastle United/Spanyol) dll,
Dominasi pelatih luar Inggris sangat memperjelas betapa riak pertarungan dari pekan ke pekan sangat ketat dengan dukungan para orang kaya dari luar Inggris yang menggurita klub-klub peserta Liga Premier menyulut persaingan mendatangkan pemain terbaik dari berbagai negara baik dari daratan Eropa,Amerika, Afrika, Asia, dan Australia dengan dana yang sangat melimpah membeli pemain yang diingnkan pelatih.
10 Taipan dari manca negara menancapkan kukunya di Liga Premier mengendalikan 10 klub dari 20 peserta,menjadi barometer betapa tensi persaingan antar klub juga berbanding lurus dengan tumpukan uang yang dimiliki sang taipan.Bahkan kemungkinan bertambah lagi pada musim depan karena Liga Inggris menjadi surga para investor untuk mengeruk keuntungan liga paling populer se dunia.
Liga Premier Inggris tekenal kejam memecat pelatihnya, tak segan-segan pelatih yang telah berjasa mempersembahkan gelar juara pun harus rela meninggalkan kursi kepelathannya, Sebut saja Jose Mourinho (Chelsea) meski telah memberi gelar Liga Premier Inggris 2014-2015 ia dipaksa angkat kaki di pertengahan musim karena jeblok permainannya dipaksa menyerahkan ke Guss Hidink,
Kehadiran Pep Guadiola,(Manchester City) dan Antonio Conte (Chelsea) pada musim depan menambah kumpulan pelatih berlabel bintang berkumpul di Liga Premier mengikuti jejak para pelatih sebelumnya ingin menjajal keras dan padatnya liga Inggris untuk membuktikan sebagai pelatih hebat,
Liga Premier Inggris sangat berbeda dengan liga-liga domestik negara di Eropa ,Jika di La Liga sangat didominasi Barcelona dan Real Madrid,Bundesliga Jerman milik Bayern Munchen dan Borusia Dortmund, Seria A italia didominasi Juventus, dan AC Milan,maka liga Prmier sejak sepuluh tahun terakhir ini silih berganti yang menjadi pemegang gelar juara liga.
Pep Guardiola dan Antonio Conte adalah dua pembesut berpengalaman dengan torehan gelar juara yang telah diraihnya pada klub terdahulunya. Tak ayal kehadiran pelatih asal Spanyol dan Italia akan menambah warna dan madzhab sepakbola inggris semakin variatif dengan taktik dan strategi yang berbeda-beda.
Tentu publik sepak bola iInggris tertuju pada sosok Pep Guardiola dengan sentuhan-sentuhan tiki-taka yang sangat dominan di La Liga dan Bundesliga. Besama Barcelona selama 4 tahun ,Pep mepersembahkan 14 titel juara dan bersama Bayern Munchen selama 3 tahun sudah dipersembah 6 gelar ,bahkan dapat bertmabah lagi jika difinal DBF Pokal 20 Mei 2016 berhasil menyingkirkan musuh abadinya Borusia Dortmud menjadi 7 gelar.
Antonio Conte memang pelatih brilian bersama Juventus sebelum menangani Timnas Italia,mempersembahkan 3 gelar liga Seri A Italia,Piala Super Italia dan membawa Bari juara Seri B.pencapaian yang sangat baik dan menunggu Piala Eropa 2016 sebagai panggung terkahirnya di timnas untuk membuktikan kepiawiannya.
Tidak mudah bagi Conte menjadi pelatih timnas karena lebih sulit menangani timnas karena minimnya berkumpul dengan pemain dari berbagai klub dari berbagai negara tempat bermain ,Sudah banyak pelatih yang sukses di klub ternyata banyak yang kanda menjadi pelatih timnas sebuah negara.
Musim kompetisi Liga Premier Inggris 2016-2017 bakal menjadi arena kumpulan pelatih super berkumpul bersaing memperebutkan gelar juara dengan gaya, pola/skema, taktik dan strategi yang diusung masing masing pelatih menjadikan Liga Premier Inggris bakal menarik untuk ditonton dan diamati.
Karanganangka 10 Mei 2016
Mulyono Harsosuwito Putra
Institut Studi Pedesaan dan Kawasan

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    ReplyDelete