Artikel Terbaru

Thursday, October 13, 2016

Situs Pancuran Danasari Desa Kranggan Kec Pekuncen


Pancuran Danasari merupakan tempat bersejarah pada jaman dahulu kala bagi masyarakat Desa Kranggan dan desa disekitarnya menjadi tempat bersuci atau mandi sebelum melakukan kegaitan laku spiritual agar terkabul permohonan,Nya.

Letak Pancuran Danasari terlak dipinggir kiri jalan rel ganda Keterta Api Purwokerto -Jakarta 100 m dari Jalan Raya Purwokerto -Tegal.

Pada waktu dulu pancuran airnya masih menggunakan bambu dengan tembok tersusun dari batu-batu blonos menjadi penyangga pancuran,yang cuma satu buah saja.

Seiring dengan perubahan jaman, Pancuran Danasari dirubah menjadi bangunan permanen berupa Bak atau Kolam untuk menadi masyarakat grumbul Pejagaan dan sekitarnya.

Pancuran Danasari sesungguhnya tempat bersuci,Mbah Trunojoyo sebelum melakukan rialat di Candi Watu Karut yang letak 500 m dari pancuran dengan melewati jalan rel ganda KA kemudian naik keatas bukit melalui jalan setapak yang sangat licin menuju Candi Watu Karut.

Nama Pancuran Danasari disematkan kepada pemilik tanah tempat pancuran berada , Konon berdasarkan wawancara warga sekitar. tanah pancuran dahulu kala merupakan milik Eyang Danasari,seorang kaya raya di grumbul pejagan yang keturunananya masih ada sampai sekarang dan menajdi pemilik tanah sekitar pancuran itu.

Kranggan 19 Juni 2016

0 comments:

Post a Comment