Artikel Terbaru

Friday, October 14, 2016

Sosok Muda Inspiratif Arifin .S.Pd.I Si Omar Bakri Petani Kelapa Mentok

Si Oemar Bakri ,begitu titel lagu milik musikus Legendaris Iwan Fals di awal tahun 80-an yang mengatrol namanya keblantika musik pop Indonesiasaat itu.

Syair lagunya yang kental dengan kritik sosial kemasyarakatn menggambarkan nasib seorang pendidik atau guru dengan gajihnya yang pas-pasan dengan sepeda kumbang yang mengantarnya ke sekolah yang jalannya berlubang-lubang.sudah begitu gajihnya dikebiri,,,,itu Pak Guru jaman dulu.

Nama Oemar Bakri menjadi julukan yang melekat pada profesi guru dikemudian hari.Namun, Oemar Bakri asal Desa Gununglurah Kecamatan Ciloongok ini memang beda ,ditengah kesibukannya mendidik siswa-siswi di sebuah MI desanya ia masih meluangkan waktunya untuk berkiprah di dunia pertanian.

Menjadi petani bukanlah pekerjaan baru yang ia lakukan akan tetapi telah dilakukan semenjak kecil karena orang tuanya seorang petani.

Desa Gununglurah sejak dahulu dikenal sebagai pusat penghsil gula jawa baik di kabupaten banyumas maupun daerah lain.seperti jakarta, bandung, cirebon dan kota2 besar lainnya juga pulau Sumatra ,Kalimantan sampai ke manca negara sekarang ini karena perkembangan teknologi pengolahan industri jadilah gula kristal yang diekspor kebebrapa negara seperti jepang, perancis dll.

Membaca peluang dilingkungannya yang mayoritas menanam pohon kepala sebagai soko guru ekonomi pedesaan. Pak Guru yang super kreatif ini,mencoba menjawab tantangan perubahan zaman , karena kelapa-kelapa yang dijadikan bahan baku gula jawa atau gula merah tambah hari tambah menua usianya
.

Satu terobosan yang Pak Guru lakukan adalah memulai menanam varietas Kelapa Genjah Entok untuk mengatasi produktifitas nira (badeg=bhs bms) yang lebih banyak hasilnya juga pohonnya lebih pendek sehingga para pengrajin gula (penderes) dengan mudah memnjat pohon kelapa lebih minimalis..hem kaya model rumah aja yah. minimalis segala.

Selain menanam di kebunnya, " Si Oemar Bakri " asal Gununglurah ini juga menjual Bibit Kelapa Lenjeh Enthok...eh emange cewek segala yangmegat megot kaya penyanyi dangdut... Kalau yang kaya begini ni pasti Kang O'ot Gading,Juragan Mas Muhdi pasti nggak berkedip melihatnya. Nah ini Kelapa Genjah Ethok lo yang bener, entar salah ketik dimarain Pak Guru Fatchul Aziz,Pak Guru Tajus Sobirin, Bu Guru Iju Raissa Rahman,Ibu Guru Asroriyah Umar ..he he he..yakin golokgokin Kelapa yang dijual Pak Guru Arifin Spdi...namanya Kelapa Genjah Enthok....

Kata Pak Guru , Kelapa Gajah Enthok sejak mulai ditanam bibitnya sampai berbuah berumur 3 th,, kok cepet banget berbuahnya ..biasanya kelapa biasa nyampai usia 8 tahun Ajaib.

Soal harga nggak nyampai uang warna biru alias Rp 50,0000, ya cuma Rp 25.000..Bagi yang berminat silahkan biisa menghubungi "Si Oemar Bakri "Gununglurah no hp 0812 2676 5900..

Siapa tahu hagnya masih bisa dinego alias turun....Kalau turunya kebabalsen Kata Pak Guru bisa nyengir-nyengir modalnya.
Silahkan di rojer..he he he
Siahkan di order koh........Kelapa Genjah Enthoknya

0 comments:

Post a Comment