Artikel Terbaru

Friday, October 27, 2017

Hubungan Daun Dengan Bentuk dan Warna Daging Buah Durian

Selama ini kita kesulitan menentukan warna buah dan bentuk bahkan tidak tahu apakah bibit Durian yang kita tanam baik yang dihasilkan secara generatif dari biji maupun secara vegetatif baik sambung pucuk.cangkok.okulasi dll.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan Kang Mul Berburu Durian Varietas Lokal maupun pengamatan terhadap durian introduksi luar negeri meliputi wilayah penghasil durian di tiga  Kabupaten yakni  Banyumas.-Banjarnegara-.dan Wonosobo

Ternyata bentuk dan warna daun durian sangat erat dengan bentuk buah dan daging buahnya.berdasarkan pengamatan .dan analisa ribuan tanaman durian disentra sentra penghasil durian.

Warna daun durian pada permukaan bagian bawah bermacam macam warnanya putih perak.kuning.kuning emas .

Warna daun sangat signifikan dengan warna daging buahnya .Bila warna daun permukaan bawah putih biasanya warna daging buahnya putih dan seterusnya.

Begitu pula bentuk daun durian dapat dijadikan referensi bentuk daun dengan lonjong .bulat atau perpaduan keduanya menunjukan bahwa bentuk buah durian akan sama

Sedangkan besar kecil ukuran daun durian tidak signifikan tidak mempunyai korelasi dengan besar dan kecilnya buah durian sebagai contoh Durian Bawor daunnya kecil ternyata buahnya besar.

Hasil pengamatan dan pengalaman Kang Mul bukan mutlak kebenarannya dan masih perlu diperdebatkan dan diteliti ulang untuk menjadi bahan diskusi para penggemar .pembudidaya dan pakar Durian

Kang Mul hanya memberi sumbangan pemikiran dan merintis bagaimana penggemar durian .petani dan penangkar durian dengan mudah tau bentuk dan daging buah dapat dilihat dari bentuk dan warna daun durian.


Karangnangka 23 Juli 2017


Mulyono Harsosuwito Putra
Ketua Institut Studi Pedesaan dan Kawasan

0 comments:

Post a Comment