Artikel Terbaru

Friday, October 27, 2017

Hubungan Duri Dengan Rasa Buah Durian

Setelah menulis aspek hubungan warna permukaan daun durian bagian bawah dengan bentuk dan warna daging buah. durian.menjadi salah satu cara memahami buah durian.Masih banyak tersimpan rahasia yang belum terungkap dinataranya hubungan duri dengan rasa buah durian. Apakah ada hubungan antara duri dengan rasa daging buah durian..

Ternyata Si Raja Buah-Buahan" Durian jika diperhatikan dengan cermat dan teliti dari bentuk kulit buahnya terutama bentuk durinya dapat juga dijaidkan petunjuk rasa daging buah .Apakah buah durian itu rasanya manis,legit dan pahit

Duri durian yang runcing memang menjengkelkan, sangat tajam bila mengenai bagian tubuh kita dapat menimbulkan luka dan berdarah.Bila kurang hati hati menaruh ditempat yang baik akan bermasalah bagi pemiliknya

Durian varietas lokal ,unggulan nasional yang tersebar di seluruh Kepulauan Nusantara maupun introduksi dari Malaysia dan Thailand mempunyai duri yang berbeda beda baik lebar (besar dan panjang dan pendeknya durinya.

Durian varitas Lokal mayoritas memunyai duri runcing dan panjang dengan ukuran 1,cm lebih. Memang ada yang mempunyai duri ukuran yang sedang dan pendek.

Ukuran bentuk duri dan panjang duri berdasarkan pengamatan dilapangan menunjukkan ada relasi dengan rasa daging buah durian.

Rasa Manis ,Pahit Buah Durian menjadi salah satu pertimbangan penggemar durian memilih durian yang akan dimakan, Durian rasa manis biasannya lebih banyak sisukai kaum Hawa.

Sebaliknya rasa pahit lebih dipilih kaum laki laki dengan aromanya yang menyengat menjadi kepuasaan tersendiri menikmati buah, Durian. Makan buah durian dengan rasa manis terasa hambar seakaan makan buah lengkeng atau buah lainnya

Bentuk duri durian secara umum dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu ada yang lebar ,sedang dan sempit .Ketiga bentuk duri itu memberi petunjuk bahwa rasa daging buah durian akan sama dengan bentuk durinya.

Panjang pendeknya duri kulit durian ternyata sangat siginfikan terhadap rasa pahit dan manis daging buah durian.


Duri yang panjang menandakan daging buah durian rasa pahit cukup banyak, Sedangkan duri yang sedang dapat memberi isyarat bahwa daging buanya berimbang antara rasa yang manis dan pahit.
Duri yang tumpul menandakan daging buah durian rasa pahitnya minimalis atau sedikit sekali rasa pahitnya.

Rasa Manis ditandai dengan bentuk duri yang lebar dan tumpul seperti durian Montong Thailand, rasa manisnya mendominasi durian asal Thaliand dan rasa pahitnya sangat sedikit sekali.kira kira 3%.bahkan bisa manis semuanya.

Rasa Pahit ditandai dengan bentuk duri yang runcing sepeerti durian sukun asal Jepara .Rasa pahitnya sangat dominan daging buahnya .Durian Sukun banyak digemari kaum Adam oelh karena rasanya pahitnya ,

Catatan kecil Kang Mul ini bukanlah kebenaran yang mutlak ,hanya sebuah sumbangan kecil bagi penggemar ,petani, pemerhati dan pakar durian.agar dengan mudah memilih buah durian yang paling disukai .

Apakah lebih senang buah durian dengan rasa pahit atau manis, Semuanya menjadi pilihan masing masing penggemar durian untuk menentukan kriterai yang disukainya.

Paling tidak dengan petunjuk bentuk dan panjang duri kulit durian akan menjadi salah satu opsi ,Karena masih ada cara lain yang dijadikan arah memahami rasa buah durian.


 Karangnangka 27 Juli 2017


Mulyono Harsosuwito Putra
Ketua Institut Studi Pedesaan dan Kawasan.D

0 comments:

Post a Comment