Artikel Terbaru

Friday, October 27, 2017

Kepemimpinam Kaum Muda dan Dominasi Kaum Tua Dalam Pilkada Banyumas

Kepemimpinan Kaum Muda dan Dominasi Kaum Tua Dalam Pilkada Banyumas
Suara Purwokerto - Geliat Pilkada Banyumas 2018 mulai menghangat ditandai  dengan maraknya poster,,spanduk  bakal calon bupati Banyumas dipinggir jalan raya ,stiker yang dipasang di dinding depan rumah di wilayah Kabupaten Banyumas mulai dari kota sampai ke pelosok desa.

Wajah yang terpampang di poster,spanduk,stiker ada yang lama dan ada yang baru .Dari sekian bakal calon bupati dan wakil bupati rata rata berusia tua diatas umur 50 tahun mendominasi dibandingkan kaum muda.

Bahkan wajah bakal calon itu selalu ada sejak pertama kali Pilkada Langsung Banyumas dilaksanakan pada tahun 2008 kemudian tahun 2013 tetap mencalonkan diri pada Pilkada Banyumas 2018.

Meskipun baru tahapan pengenalan dan belum dapat dijadikan kesimpulan .Namun dominasi kamu tua tampaknya akan kembali terjadi dalam kepemimpinan Banyumas kedepan 

Pikada Banyumas masih panjang .KPUD Banyumas sebagai pihak penyelenggara Pilakda Banyumas 2018 ,memasuki tahapan sosialisai dan partai politik baru beberapa hari membuka pendaftaran kemungkinan munculnya kaum muda tetap ada .

Berdasarkan hasil Pilkada yang telah dilaksanakan di eks Karesidean Banyumas yakni Purbalingga ,Banjarnegara dan Cilacap ,hanya Kabupaten Purbalingga yang berhasil melahirkan kepemimpinan kaum muda .

Bupati Purbalingga Tasdi,SH MM saat dilantik menjadi berusia 48 tahun (lahir Purbalingga  11 April 1968) Sedangkan Bupati Cilacap H Tatto Suwarto Pamudji dilantik menjadi Bupati berusia 59 tahun (lahir Cilacap 11 April 1957) dan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dilantik menjadi buapti Banjarnegara berusia 54 tahun (lahir Banjarnegara 27 November 1962).

Dua Pilkada langsung 2008 dan 2013 yang telah digelarmenghasilkan  Bupati Banyumas terpilih berusia diatas 50 tahun. Drs Mardjoko MM diantik menjadi Bupati Banyumas berusia 62 tahun ( Banyumas 13 Maret 1946) sementara Ir Achmad Husein dilantik menjadi Bupati Banyumas berusia 53 tahun (lahir Banyumas 17 Agustus 1959).

Kaum muda Banyumas tetap belum mampu menembus barikade kekuatan kaum tua dan selalu kandas dalam Pilkada 2008 dan 2013. Pilkada Banyumas 2008 tampil tokoh muda Aris Wahyudi dan Singgih Wiranto tetapi tak mampu bersaing dengan kaum tua Drs. Madjoko dan Drs.Bambang Priyono.

Dua posisi teratas perolehan suara dikuasai Mardjoko yang berpasangan Achmad Husein (diusung PKB) yang terpilih menjadi Bupati /Wakil Bupati 2008-2013 ,dan Drs Bambang Priyono yang berpasangan dengan Tossy Ariyanto (diusung P Demokrat,PPP dan PKS) menempati posisi kedua .

Singgih Wiranto yang berpasangan dengan Dra Hj Laily Mansur yang diusung Partai Golkar berada diposisi ketiga ,Sedangkan Aris Wahyudi yang berpasangan dengan Drs Asroru Maula diusung PDIP Perjuangan menjadi juru kunci dari empat pasangan calon yang mengikuti Pilkada 2008.

Kegagalan kaum muda kembali terulang pada Pilkada Banyumas 2013 dua pasangan calon Bupati/wakil bupati yaitu Muhsonuddin-Hendri Anggoro Budi (MURI) yang diusung PKB dan Partai Demokrat ,Partai Karya Peduli Bangsa  serta  pasangan independen Anteng Tjahjono widyadi -Dwi Basuki (Oyong Uki) 

Ironinya kaum muda pada pilkada Banyumas 2013 hanya diwakili dua paslon ,Empat paslon dar 6 paslon i peserta berasal dari kaum tua baik yang dicalonkan partai politik atau gabungan parpol dan independen .Baik Marjoko,Achmad Husein, Toto Dirgantoro dan Warman saat mencalonkan diri menjadi Bupati beruasia diatas 50 tahun.

Kenapa kaum muda Banyumas  belum mampu mengambil tongkat kepemimpinan dari kaum tua .Banyak faktor yang membuat pemilih Banyumas belum masih setia dengan kepempinan kaum tua. Dalam Pilkada Langsung kekuatan management politik dengan dukungan dana  yang besar  tak terhitungi jumlahnya sangat mempengaruhi keterpilihan paslon.disamping popularitas paslon

Apakah kaum muda Banyumas tak mampu  atau tampil menjadi pengendali kepemimpinan Banyumas ataukah kaum tua masih enggan memberikan tongkat estafet kepemimpinan dan memberi ruang bagi generasi muda untuk tampil digarda depan memimpin Banyumas .

Bila menengok Kabupaten ,Kota Madya bahkan Gubernur di daerah lain sudah dipimpin kaum muda Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas,Bupati Purwakarta Deddy Mulyadi ,Walikota Bandung Ridwan Kamil, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto,Gubernur Lampung Muhammad Rido Ficardo,Gubernur ,Benll Jambi Zumi Zola dll rata rata berusi dibawah 50 tahun bahkan ada yang berusia dibawah 40 tahun.

Karangnangka 13 Agustus 2017
 
 
Mulyono Harsosuwito Putra
Ketua Institut Studi Pedesaan dan Kawasan

Dimuat Suara Purwokerto,com 21 Agustus 2017

0 comments:

Post a Comment