Artikel Terbaru

Tuesday, November 28, 2017

Berburu Durian Varietas Lokal Banyumas Duren Podang Ijo

Dureng Podang Ijo Kang mulyono

Semalam rasa penasaran dan imajinasi yang mendera cukup lama akhirnya terwujud dapat melihat langsung dan menikmati rasa buah durian podang Ijo di Rumah Durian milik Kang Heri Kristanto belakang Radio Yasika FM jalan Gunung Kelud Kelurahan Pabuaran Kecamatan Purwokerto Utara Banyumas.

Durian Podang Ijo merupakan salah satu durian varietas lokal Banyumas hasil mutasi genetik secara alamaih dari Durian Podang asal Jepara yang ditanam di sebuah desa diwilayah Kecamatan Kedungbanteng.
Sangat menarik dan unik kedua durian podang itu sangat sangat jauh berbeda dengan durian podang aslinya bila dibandingkan dengan Durian Podang Mas dan Durian Podang IJo.

Perbedaan terlihat dengan jelas dari bentuk, berat dan rasa daging buah serta ciri-ciri morfologis lainnya, membuat kita sebagai warga Banyumas mengerti betapa besarnya karunia dan kebesaran Tuhan Sang Pencipta Alam memberikan keberkehan keragaman varietas durian lokal yang tumbuh di desa-desa di Kabupaten Banyumas.

Kekayaan varietas durian lokal dengan jumlah ratusan yang tersebar di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Banyumas sesungguhnya membuat kita tertantang untuk menginventarisasikan pohon-pohon durian agar dapat terdokumentasikan dengan baik dan dapat dijadikan bahan penelitian dan kajian.

Durian Podang Ijo berat buah jauh lebih ringan dibandingkan dengan Durian Podang Mas dengan berat buah 3-6 Kg sedangan berat buah Durian Podang Ijo cuma 0,8 - 1,5 Kg perbuahnya. jadi terjadi pebedaan yang sangat mencolok kedua durian tersebut.

Begitu pula dari warna kulit buah ketebalan daging dan biji buahnya terjadi perbedaan yang sangat mencolok antara Durian Podang Mas dengan Durian Podang Ijo. Perbedaan itu memberi informasi bahwa Durian Podang Ijo sangat berbeda dengan Durian Podang Mas dan menjadi kekayaan kultivar durian lokal Banyumas.

Mengamati morfologi buah Durian Podang Ijo semalam belum dapat dijadikan kesimpulan akhir karena masih membutuhkan proses panjang dan memakan waktu yang cukup lama melalui proses inventarisasi dan karakterisasi morfologi Durian Podang Ijo secara menyeluruh meliputi : akar, batang, daun, bunga dan buahnya serta tak lupa sejarah asal usul Durian Podang Ijo tersebut.


Karangnangka, 28 Nopember 2017

0 comments:

Post a Comment